Latihan Sederhana Membentuk Otot Dada Bagi Pemula

category: Training

Memiliki dada yang tebal dan bidang adalah idaman bagi banyak orang, terutama para pria. Bagian ini merupakan salah satu bagian yang sering menjadi pusar perhatian dalam penampilan. Bagi Anda yang pemula, berikut ini tiga latihan simple untuk melatih otot dada.

membentuk otot dada

Banyak yang melakukan latihan di gym dengan maksud membentuk perut sixpack. Bukan hanya perut sixpack, salah satu otot yang paling sering dilatih adalah otot dada. Pasalnya, memiliki otot dada yang bidang dan tebal akan dapat meningkatkan penampilan dan juga meningkatkan kesehatan.

<< Program Latihan Dada / Chest >>

Perlukah melatih otot dada?

Selain meningkatkan penampilan, melatih otot dada juga dapat meningkatkan kesehatan. Ahli fisiologis dari Mayo Clinic, Michael J.Joyner MD mengatakan ketika tiba usia 60-70 tahun, kegiatan sehari-hari seperti mengangkat barang atau memotong rumput jadi lebih sulit karena hilangnya kekuatan otot dada dibanding masalah jantung dan paru-paru.

Latihan bagi pemula

Banyak metode latihan untuk membantuk pembentukan otot dada. Baca juga artikel lain >> 5 Latihan Singkat untuk Dapatkan Otot Dada. Nah, bagi Anda yang masih dalam level pemula, berikut 3 contoh latihan sederhana yang membantu pembentukan otot dada.

1. Dumbbell Flat Press | 2 set 10 repetisi

membentuk otot dada

(Target otot dada bagian tengah)
– Dimulai dalam posisi duduk di bench
– Kemudian telentang di bench dan tahan dumbbell sejajar dengan dada
– Dorong dumbbell ke atas sambil membuang nafas
– Turunkan dumbbell dengan mengambil nafas

2. Flat Bench Dumbbell Flys | 2 set 10 repetisi

membentuk otot dada

(Target otot dada bagian samping)
– Posisi telentang di bench, letakkan dumbbell di atas dengan lengan lurus
– Tarik dumbbell ke samping tubuh hingga sejajar dengan dada
– Kembali ke posisi semula

3. Smith Machine Incline Press | 3 set 10-15 repetisi

membentuk otot dada

(Target otot dada bagian atas)
– Kemiringan bangku jangan sampai melebihi sudut 45 derajat
– Posisi tangan jangan terlalu lebar atau sempit (sebaiknya tangan lurus dengan siku)
– Lalu angkat dan turunkan beban

*Lakukan latihan ini sebanyak satu kali dalam seminggu. Usahakan beban dumbbell jangan terlalu berat untuk pertama kali.

Selain latihan, pola makan juga menentukan hasil latihan Anda. Kebutuhan nutrisi sangat penting sebagai penunjang latihan Anda. Dalam pembentukan otot dada, sebaiknya kurangi konsumsi karbohidrat dan lemak. Dan yang paling penting adalah protein karena protein merupakan ‘makanan’ utama otot. Jika protein kurang, maka otot dada Anda akan sulit terbentuk. Selamat berlatih. (ctr)

BACA JUGA: Bentuk Perut Sixpack dengan Swiss Ball

http://duniafitnes.com/training/latihan-sederhana-membentuk-otot-dada-bagi-pemula.html