4 Alasan Mengapa Perut Sixpack Tidak Muncul

category: SixPack

Memiliki perut sixpack adalah idaman banyak orang karena dapat menambah kepercayaan diri. Namun, beberapa diantaranya telah berusaha melakukan latihan namun masih tetap kesulitan memiliki perut sixpack? Mengapa demikian?

perut sixpack

Mendapatkan perut sixpack memang memerlukan kedisiplinan dalam berlatih dan juga asupan makanan yang sehat. Apabila dilakukan dengan benar dan tepat, bukan tidak mungkin Anda akan segera memiliki perut sixpack.

Namun, beberapa diantara masih ditemui bahwa orang yang telah melakukan latihan keras tapi belum kunjung mendapatkan perut sixpack. Beberapa alasan berikut mungkin penyebabnya.

Mengapa Sixpack Tidak Muncul?

perut sixpack

1. Terlalu banyak lemak di perut

Jelas, lemak yang tertimbun di perut dapat menutupi perut sixpack. Bahkan timbunan lemak tersebut bisa memicu perut buncit. Syarat utama untuk memiliki perut sixpack adalah memiliki presentasi lemak tubuh yang rendah.

2. Sit up setiap hari

Karena ingin mendapatkan perut sixpack, tidak sedikit yang beranggapan bahwa melakukan sit up setiap hari akan membantu mewujudkannya. Benar. Memang sit up sangat membantu pembentukan perut sixpack namun bukan berarti Anda harus melakukannya setiap hari.

Penelitian dari Pennsylvania State University menunjukkan bahwa melakukan sit up saja tidak cukup efektif. Hasil penelitian dengan menggunakan electromyography (EMG) menemukan bahwa dengan melakukan latihan plank ada aktivasi otot sebanyak 20 persen lebih banyak daripada sit up.

>> Ketahui Sebab Anda Tidak Dapat Raih Pahatan Sixpack! <<

3. Kurang istirahat

Para peneliti dari Rambam Medical Centre di Haifa, Israel menyebutkan bahwa tidak cukup tidur bisa menyebabkan perubahan hormonal dalam tubuh yang meningkatkan stres, nafsu makan. Jika dibiarkan terus menerus, maka hal ini akan dapat menambah jumlah lemak di perut.

Penelitian lain dari University of Pennsylvania dalam jurnal Scientific Reports mengatakan bahwa orang yang kurang tidur selalu ingin mengonsumsi makanan yang berlemak. Tentunya, hal ini akan mengacaukan program Anda untuk membentuk perut sixpack.

4. Latihan kurang keras

Alasan terakhir adalah latihan yang kurang maksimal. Ilmuwan dari Universitas Laval di Quebec, Kanada menunjukkan bahwa latihan dengan intensitas tinggi jauh lebih efektif membakar lemak dibandingkan latihan dengan intensitas rendah.

Bentuk Perut Sixpack dengan Circuit Training

Beragam metode latihan telah direkomendasikan untuk membantu seseorang mendapatkan perut sixpack. Salah satunya adalah dengan metode circuit training. Latihan ini merupakan rangkaian latihan yang dilakukan secara berurutan dengan menggabungkan latihan kekuatan dan latihan kardio. Dalam rangkaian latihan ini juga bekerja untuk otot yang berbeda.

Karena menggabungkan latihan kardio dan latihan beban, maka metode circuit training sangat efektif untuk membakar lemak, termasuk lemak di perut. Bukan hanya membakar lemak, circuit training juga efektif untuk meningkatkan massa otot. Baca juga artikel lain >> 5 Menit per Hari untuk Dapatkan Perut Sixpack! <<

Seperti yang direkomendasikan The American College of Sports Medicine, circuit training sebaiknya dilakukan antara 2-3 kali dalam seminggu. Untuk mereka yang pemula, sebaiknya memulai latihan dengan repetisi dan intensitas yang rendah. Jika telah beradaptasi, maka intensitas maupun repetisi dapat ditingkatkan.

Mountain Climber | 20 detik

perut sixpack

– Posisikan tubuh seperti gerakan push up, dengan kedua tangan bertumpu pada lantai dan kaki kanan ditekuk ke depan
– Tukar posisi kaki kiri dan kanan dengan cepat sehingga kaki kanan lurus ke belakang dan kaki kiri ditekuk ke arah tubuh
– Ulangi gerakan ini sebanyak yang diinginkan

Superman | 20 detik

perut sixpack

– Posisi telungkup di lantai dengan posisi tangan dan kaki lurus seperti pada gambar
– Kemudian angkat lengan dan kaki sehingga mirip dengan gerakan terbang
– Turunkan kembali kemudian ulangi gerakan ini

Bicycle Crunch | 20 detik

perut sixpack

– Posisi berbaring di lantai dengan tubuh lurus menempel pada lantai
– Kedua tangan ditempatkan di samping kepala
– Angkat kedua kaki ke atas dan tekuk seperti tampak pada gambar
– Angkat kepala dan tubuh bagian atas dan arahkan siku kanan ke lutut kiri
– Tahan posisi ini selama beberapa detik kemudian kembali ke posisi awal dan ulangi untuk bagian tubuh sebelah kanan
– Tarik nafas saat menurunkan tubuh dan hembuskan nafas saat mengangkat tubuh

Squat | 20 detik

perut sixpack

– Posisi berdiri tegak dengan kaki dibuka lebar
– Kedua tangan ditekuk dan diletakkan di depan dada
– Turunkan tubuh hingga posisi jongkok, dengan posisi paha sejajar lantai
– Tahan beberapa detik kemudian angkat tubuh kembali ke posisi semula secara perlahan

Squat Trush | 20 detik

perut sixpack

– Dari posisi berdiri, turunkan tubuh seperti saat melakukan gerakan squat dengan kedua tangan lurus ke bawah hampir menempel lantai
– Kedua kaki melompat ke belakang hingga posisi push up seperti pada gambar
– Dari posisi push up, kedua kaki melompat ke depan sehingga kembali ke posisi awal dan ulangi gerakan di atas

Push up | 20 detik

perut sixpack

– Posisi tengkurap, luruskan badan dan kaki, regangkan tangan selebar bahu
– Tekuk siku dan turunkan tubuh hingga hampir menyentuh lantai
– Kembali ke posisi semula dengan meluruskan tangan

Diet

Yang juga perlu diingat adalah, latihan saja bukan faktor penentu untuk mewujudkan perut sixpack. Memantau asupan makanan yang tepat adalah faktor penentu lain dalam rencana membentuk otot perut idaman. Sangat penting untuk mendapatkan nutrisi dari diet Anda guna mendukung pembentukan perut sixpack.

Kami memiliki solusi terbaik dengan mengajak Anda bergabung dalam PanduanDiet.com untuk membantu Anda memiliki berat badan yang ideal. Silahkan klik di sini untuk mendapatkan solusi diet langsung dari ahlinya.

Anda juga dapat bergabung bersama kami melalui Facebook Fans Page DuniaFitnes.com. Selamat berlatih. (ctr)

BACA JUGA: Tantangan Perkuat Otot dengan Variasi Push-Up

http://duniafitnes.com/sixpack/4-alasan-mengapa-perut-sixpack-tidak-muncul.html